Berita  

Advokasi Lintas Sektoral untuk Pencapaian Target IVA TEST.

Penyuluhan Ivates oleh dr Isa Ansori di Aula Kantor Kepala Desa Sinunukan III.

Mandailing Natal 14/05/2024 Global Investigasi News. Com Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, targetkan pemberantasan kanker mulut rahim dengan program IPATES.

Untuk mencegah berkembangnya penyakit kanker leher rahim Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Kesehatan, Kapus (Kepala Puskesmas) Kecamatan Sinunukan lakukan rapat koordinasi, untuk melakukan Ivates, (tes kesehatan leher rahim) Screening Servicks secara gratis.

Dihadiri seluruh kepala desa yang berada di Kecamatan Sinunukan,
dalam penyampaian nya dr. Isa Ansori yang di dampingi Camat Sinunukan Daiman Nasution Spd menyatakan untuk lakukan kegiatan Ivates sebenarnya bukan semata tanggung jawab pihak Puskesmas saja tapi tanggung jawab bersama ibu pkk, dan deluruh kader Posyandu yang berada di desa kita.

Ivates adalah Screening Servicks untuk mendeteksi adanya kanker mulut rahim, dari masyarakat yang selalu (kaum ibu) terutama yang telah berumah tangga usia 30 _ 50 thn. kanker leher rahim, juga dr, Isa Ansori harapkan agar kaum ibu untuk tidak segan (malu) memeriksa kesehatan penyakit dalam (rahim).

Upik Erwani, selaku ketua kader Ivates melaporkan bahwa pelaksanaan tes Ivates telah capai 192 peserta yang lakukan tes, dalam pelaksanaan ini, juga menemukan beberapa peserta yang menderita benjolan di payu dara,

Desa Widodaren yang dipimpin kepala desa Candra adalah satu desa yang terbanyak warga nya lakukan tes Ivates,
Pelaksanaan rapat koordinasi ini selesai sesuai rencana.(MO).