Berita  

Diskominfo Propinsi Kalsel Gelar Coffee Talk, Dengan Tema “Menakar Peluang CPNS dan P3K di Tahun 2024”

Banjarbaru_GINEWS TV COM

Penerimaan CPNS dan P 3 K Untuk tahun 2024 sudah diambang pintu.
Yang menjadi pertanyaan mungkinkah MENPAN RI mengabulkan permohonan kita sebanyak 1.618 Calon ASN 1.493 orang calon P3K Untuk 175 Formasi tersedia.

Untuk Diskusi inilah pihak Kominfo Kalsel mengundang rekan _rekan insan media duduk bersama mencari pemecahan.
Untuk acara ini dipandu langsung oleh Bu Puspa Bidang mas media.
Dengan menghadirkan para Nara sumber yang berkompeten dari Kepala BKD Propinsi Kalsel bernama Nahdiansyah dan Bu Galuh Santri dari kepala Bidang Organisasi Pemrop Kalsel.dan acara ini dinilai Lancar dan sukses meskipun baru perdana digendakan oleh Kominfo Kalsel.
Acara ini digelar di Cafe Setara Banjarbaru pada hari Kamis 16/5/24.

Berdasarkan proses pendataan  tenaga Non ASN dengan mengacu pada surat menteri pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor B/1511/M SM 01.00/2022

Tepatnya pada tanggal 22 Juli 2022 prihal pendataan

Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mengusulkan sebanyak 1.618 formasi pada pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel Dinansyah mengatakan untuk tahapan pelaksanaan seleksi CASN 2024 akan dimulai sekitar Juni-Juli 2024.

“Untuk jumlah formasi ini sudah kami surati, tinggal menunggu arahan dari Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), semoga jumlah usulan ini bisa diterima semuanya,” harapnya.

Dinansyah menyebutkan dari jumlah total usulan formasi CASN 2024 untuk Kalsel di antaranya, yakni CPNS.

Kemudian sebanyak 1.493 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang meliputi tenaga guru 1.000 formasi, tenaga teknis 318 formasi, dan tenaga kesehatan 175 formasi.

“Khusus formasi CPNS akan difokuskan untuk posisi Satpol PP dan inspektorat daerah provinsi,” tuturnya.

Dia menjelaskan terkait sistem seleksi masih sama seperti tahun lalu, yakni computer assisted test (CAT) dengan menggunakan alat bantu komputer untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal.

Pada tahapan seleksi, lanjutnya, difasilitasi oleh BKN dengan beberapa materi mulai dari manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Meskipun sudah ada gambaran teknis seleksi CASN 2024, kata Dinansyah, Pemprov Kalsel masih menunggu arahan selanjutnya dari Kemenpan RB dan BKN terkait dengan teknis pelaksanaan seleksi secara lengkap.

“Regulasi penerimaan CASN setiap tahun biasanya berubah tergantung kondisi dan kebutuhan daerah, nanti yang menentukan semuanya dari pusat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan seksi tanya jawab Yuday dari awak media Global Investigasinews.com yang disingkat (Ginewstv com) memberikan pertanyaan seperti rekan _rekan wartawan lainya.

Yakni pertanyaannya,Apa saja yang menjadi syarat supaya bisa lulus jadi CPNS Maupun P3K ? Dijawab oleh Nara sumber diantaranya,Yakni Berstatus tenaga honorer katagori (THK_2) yang terdaftar dalam data base BKN dan pegawai Non ASN yang telah bekerja pada Instansi dan aktif sampai saat ini.,Mendapatkan honorium dengan mekanisme pembayaran yang berasal dari APBN maupun dari APBD,Telah bekerja paling singkat 1tahun pada tanggal 31 Desember 2021 ,terakhir Berusia paling rendah 20 tahun paling tinggi 56 tahun pada 31 Desember 2021.pungkad Kadis BKD Propinsi Kalsel Nahdiansyah (Yuday)