Berita  

ADAT ISTIADAT DI DESA TAMBANG BARU KECAMATAN TABIR LINTAS KABUPATEN MERANGIN MASIH TERPELIHARA DENGAN BAIK

Ginews TV Investigasi.Desa Tambang Baru Kec Tabir Lintas Kab Merangin adalah salah satu Desa yang berada dalam wilayah Propinsi Jambi.

Saat ini,Desa Tambang Baru di bawah kepemimpinan Muhamad Arsad,Adat istiadat masih terjaga dan terpelihara dengan baik.

Hal ini terbukti,bahwa Desa Tambang Baru Kec Nalo Tantan Kab Merangin setiap Tahun mengadakan Sedekah bumi.

Hasil dari pantauan awak media ini,Kepala Desa selaku pembina Adat,sedang mengajak semua masyarakatnya untuk melakukan Sedekah bumi.(Selasa 28 Mei 2024).

Hal ini di lakukan selain mendoakan para arwah para leluhur yang telah merintis Desa,tujuan utama adalah agar Desa Tambang Baru di beri keselamatan,diangkat derajatnya dan di jauhkan dari mara bahaya.(balak).

Dalam sambutanya,Kepala Desa Muhamad Arsad menyampaikan,bahwa selama kepemimpinannya,di Desa Tambang Baru jangan sampai Adat Istiadat terutama Sedekah bumi di lupakan.

Beliau juga menyampaikan, Sebagai kepala desa,beliau selalu siap menerima masukan- masukan baik saran dan pendapat yang di berikan masyarakat demi kebaikan dan kemajuan Desa Tambang Baru.

Beliau juga menyampaikan,bahwa beliau tetap akan melaksanakan dan mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik -baiknya,apapun Sukunya,Golonganya dan Agamanya.

Di ketahui dalam acara sedekah bumi yang di lakukan di desa Tambang Baru,Kepala Desa Muhamad Arsad menyajikan suatu hiburan untuk masyarakatnya,yaitu Seni Budaya Jaranan Buto Condro Mowo dari Desa Mentawak.

Semua ini di lakukan untuk melestarikan budaya leluhur dan demi terjalinya rasa persatuan dan kesatuan sesama warga masarakat.!?.

(Kah-Ginews)