Pemdes Glundengan Salurkan BLT – Dana Desa Bulan Mei Tahun Anggaran 2024.

Jember-globalinvestigasinews.Com~Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada Keluarga Penerima Manfat ( KPM) dan diputuskan melalui Musyawarah Desa sesuai dengan Kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Bertempat di Pendopo Kantor Desa Glundengan Pemerintah Desa Glundengan melakukan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan mei tahun 2024 kepada 90 KPM.Kamis(30/05/2024).

Kegiatan ini dimulai dari pukul 13.00 WIB yang disalurkan oleh Bpk Mukantar selaku Serektaris Desa (Sekdes) dan didampingi Kasikesra yaitu Ibu Dwining Setyarini,Perangkat Desa dan masing – masing Kepala Dusun Krajan,Tanjungsari,Sumberejo, dan Puskesos yang ada di desa Glundengan.

Mukantar saat diwawancarai mengatakan,Penyaluran BLT – DD yang Ke-5 yang ada di Desa Glundengan ada 90 KPM.dan setiap masing – masing KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000. Selain itu mengenai Kriteria penerima bantuan BLT – DD yaitu
1.Kehilangan mata pencaharian
2.Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/difabel
3.Tidak menerima bantuan PKH
4.Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia
5.Perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

Dan tidak masuk data DTKS akan diupayakan bagi mereka ini juga dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS ) bagi yang tidak mampu,Karena setiap tahunya untuk seleksi Keluarga Penerima Manfaat ini yang masih KPM terdaftar di BLT – DD ini bisa juga berubah/Rolling.dan nantinya mereka ini yang sudah masuk daftar DTKS bisa mendapatkan bantuan dari Dinsos atau yang lainnya,”(tuturnya)

Dari 90 KPM itu setiap tahunya bisa mengurangi otomatis mengurangi angka kemiskinan yang ada di Desa Glundengan dari 90 KPM bisa berkurang,dan saya harap nantinya dari Dinsos mereka – merekalah yang memang tidak mampu dan layak nantinya terdata di Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bisa proses segera mendapatkan bantuan seperti PKH,BPNT atau yang lainya,” Harapnya.

Dalam pantauan Media dalam pelaksanaan penyaluran BLT – DD, sangat transparansi dan keadilan menjadi hal yang sangat penting. Adanya keterlibatan berbagai pihak terkait seperti Serektaris Desa, Kaurkesra,Perangkat Desa,Puskesos dan Masing – masing Kepala Dusun, memastikan bahwa proses penyaluran BLT – DD berjalan dengan baik.

Salah satu dari penerima bantuan BLT – DD menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan tersebut baginya dan keluarganya,bantuan tersebut sangat membatu dalam memeringankan beban ekonominya,” terangnya. ( HW)