Berita  

Sekolah MIN I Bintang Bayu Peringati Hari Lahirnya Pancasila

SUMUT SERGAI, Ginewstv Investigasi.com. Meriahnya perayaan Hari Lahir Pancasila tidak hanya terasa di Indonesia. Beberapa sekolah juga melakukan hal yang sama, salah satunya di Sekolah MIN 1 Bintang Bayu yang menyelenggarakan upacara peringatan lahirnya Pancasila tahun ini dengan mengangkat tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” di Halaman Sekolah MIN 1 Kec. Bintang Bayu, Kab. Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Sabtu, 01 Mei 2024.

Dalam upacara tersebut, kepala Sekolah  mengajak kepada guru pendidik dan Seluruh Siswa siswi MIN untuk mengamalkan Pancasila. Dalam sambutan pembukaan upacara, Rudi Batu Bara S.Pdi, Yang di wakilkan Syahrum Ramadhani S.Pdi selaku Kepala Sekolah mengingatkan bahwa pada tanggal 01 Juni 2024 adalah hari lahir Pancasila, yang mana merupakan peristiwa bersejarah bagi negara Indonesia.

Mengibaratkan sebagai konstruksi bangunan, Syarum Ramadhani menjelaskan, ” bahwa gedung akan kuat kalau fondasinya kuat, sama hal nya seperti negara Indonesia yang akan kuat karena memiliki dasar negara yang kuat, yaitu Pancasila.

“Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita mengamalkan Pancasila serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa agar negara kita dapat menjadi negara maju yang adil, Makmur, aman, bahagia, dan sejahtera sesuai amanah undang-undang dalam bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945.” cetusnya.

Lanjut dalam sambutan nya, mengajak bangsa Indonesia untuk menerapkan Pancasila. Ada beberapa rangkaian upacara diantaranya mengajak para peserta guru pendidik dan para siswa siswi untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. membaca teks Pancasila, membaca narasi sejarah hari lahir Pancasila dan menyanyikan lagu nasional Garuda Pancasila dengan semangat yang dapat membangkitkan semangat berbangsa cinta tanah air.” tutupnya.

Akhir acara ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama dengan seluruh peserta untuk mengabadikan momen bersama sama.

(MYN)