Kalapas Jember Hasan Basri Menyambut Baik Kegiatan Kajian Warga Binaan Lapas Kelas 11A untuk Menjadi Lebih Baik.

GIN JATIM JEMBER
Pentingnya memiliki keyakinan dan hubungan baik dengan Allah menjadi materi pengajian warga binaan Lapas Kelas IIA Jember pada Senin (03/06/2024). Pentausiah, Ust. Husnurrohim Ali sengaja diundang oleh Kepala Lapas Jember Hasan Basri untuk menyampaikan materi tersebut.

“Katakanlah : Dialah Allah, Yang Maha Esa. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,” ucap Ali mengutip Surat Al Ikhlas. Menurutnya pula, membangun hubungan baik dengan Allah adalah hal yang harus dilakukan sebagai seorang Mukmin. Namun, hubungan baik dengan sesama manusia juga perlu dijalin.

“Perintah untuk berhubungan baik dengan Allah tertulis pada Surat Adz – Dzariat ayat 56 yang berbungi ‘Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada – Ku’” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Jember Hasan Basri menyebut kegiatan kajian tersebut mampu membuat warga binaan berubah menjadi lebih baik. “Kami ingin membiasakan para warga binaan kami dalam berkegiatan positif. Dari belajar agama, mempelajari keahlian tertentu, hingga beberapa ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Secara lengkap Hasan juga menyebut pembelajaran tersebut telah menyangkut hak asasi warga binaan sebagai bagian dari struktur sosial. “Sesuai dengan amanat Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Bapak Heni Yuwono, hak warga binaan perlu dipriositaskan oleh Pemasyarakatan. Namun tentu harus seimbang dengan pelaksanaan kewajiban mereka sebagai warga binaan,” pungkas Hasan.
Pewarta. Maski