Berita  

Lurah Purwakarta Torehkan Prestasi & Inovasi Bisa Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

CILEGON – Global investigasi News.com – Sri Mulia, Lurah Purwakarta Kecamatan Purwakarta, mengungkapkan berbagai prestasi dan inovasi yang telah dicapai selama masa jabatannya dalam wawancara eksklusif dengan wartawan pada Selasa (4/7/2024).

“Saya merasa bangga dengan berbagai penghargaan yang telah diraih oleh Kelurahan Purwakarta. Di antaranya, kami menjadi juara kebersihan tingkat kecamatan, juara 1 dan juara 2 untuk kategori kelurahan, serta Bunda PAUD ke-1. Selain itu, saya juga meraih juara pidato ketiga,” kata Sri Mulia.

Lebih lanjut Sri Mulia memaparkan beberapa inovasi yang berhasil diterapkan di kelurahan.

“Salah satu yang paling membanggakan adalah inovasi pembakaran sampah yang menghasilkan pestisida menjadi kompos. “Kami mengambil uap basah dari proses pembakaran untuk digunakan sebagai pestisida, sementara uap keringnya dapat ditutup untuk jangka panjang, yang kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan,” tuturnya

Inovasi lainnya adalah Tabung Sepakat, sebuah tempat penyimpanan beras yang telah diuji coba selama delapan bulan tanpa mengalami perubahan warna. “Ini berkat sirkulasi udara yang baik di dalam tabung,” tambahnya.

“Selain itu, Kelurahan Purwakarta juga sedang dalam proses panen lobster air tawar dan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) unggulan. “Inovasi-inovasi ini kami kembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Sri Mulia menekankan pentingnya pelayanan yang tulus dan menganggap masyarakat sebagai keluarga sendiri. “Saya merasa bahwa kelurahan ini adalah rumah saya dan masyarakatnya adalah keluarga saya.

“Selama saya sehat, saya akan melayani dengan sepenuh hati, bukan hanya berdasarkan peraturan,”tapi melayani dengan hati,”ka

Ia juga menceritakan tantangan yang dihadapinya, terutama terkait pelayanan hingga larut malam. “Bagi saya, itu bukan tantangan yang berat karena saya melakukannya dengan hati. Dukungan kuat dari suami juga membuat saya bisa terus melayani masyarakat dengan baik,” katanya.

Lurah Purwakarta juga berpesan kepada penerusnya untuk terus melanjutkan inovasi-inovasi yang telah ada. “Saya berharap penerus saya dapat melanjutkan hal-hal baik yang telah kami capai, seperti inovasi dan pelayanan kepada masyarakat. Anggaplah masyarakat sebagai keluarga, bukan hanya warga, agar kita bisa saling mendukung dan menghormati,” pesannya.

Saya mengajak seluruh aparatur kelurahan dan OPD untuk terus berinovasi. “Tanpa inovasi, kita hanya akan menjalankan tugas apa adanya. Dengan inovasi, kita bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan kehidupan masyarakat,” tutupnya

Abdulrohim