Berita  

Warga Negara Indonesia (WNI) Sudah Tiba di Bandara Hang Nadim – Batam

Global BATAM- Pesawat Batik Air yang membawa 238 rang warga negara Indonesia dari Wuhan, China, telah mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, sekitar pukul 08.45 WIB.

Dilansir Antara, Minggu (2/2), tiga pesawat milik TNI AU juga sudah siap untuk membawa seluruh WNI ke Natuna.

Pesawat ini tiba hanya untuk transit. WNI ini kemudian dibawa ke Natuna dengan pesawat militer.

Tim evakuasi terdiri dari 42 anggota yang berasal dari Kemlu, Kemenkes, TNI serta 9 orang kru pesawat Batik Air.

Natuna, Kepulauan Riau, akan menjadi lokasi observasi WNI dari Wuhan. Mereka bakal ditempatkan di Hanggar Lanud Ranai dengan sarana dan prasarana yang memadai, serta dipersiapkan sebaik mungkin.

Sebelumnya, berdasarkan rencana penjemputan, ada 245 WNI yang akan diterbangkan kembali ke Indonesia. Saat dilakukan pendataan ulang, hingga Sabtu (1/2) sore ada 241 yang terkonfirmasi ikut penerbangan. Namun, angka akhir yang benar-benar ikut dievakuasi sebanyak 238 WNI.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah memastikan hanggar pengkalan udara Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) siap digunakan. Kemenkes memastikan hanggar yang menjadi tempat observasi sehat WNI ini siap menyediakan kebutuhan para WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China.

“Persiapan (hanggar) sudah on proses, soalnya orang bekerja banyak banget, sudah dibersihin, diyakinkan semua berfungsi, AC-nya berfungsi, lampu (sudah) di-cekin,” ujar Sekretaris Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Achmad Yurianto saat dihubungi, Sabtu (2/2)”(Kiki)