Berita  

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim MM dan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo Menghadiri Kegiatan Musrenbang RKPD di Tiga Kecamatan

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo Menghadiri Kegiatan Musrenbang RKPD Di Tiga Kecamatan

Banggai Sulawesi Tengah– Bupati Banggai Ir.H.Herwin Yatim MM Pada Minggu 16 Februari 2020 melanjutkan perjalanan menuju Kec. Simpang Raya, untuk menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting Kecamatan Simpang Raya, Nuhon dan Bunta, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Simpang Raya

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan seluruh Anggota Legislatif, Para Pimpinan OPD dan Bidang Tekhnis, Camat Simpang Raya dan Aparat Desa, Camat Nuhon beserta Aparat Desa, Camat Bunta Beserta Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Agama, dan Undangan Lainnya.

Pada Kesempatan Itu Kepala Bappelitbang Ramli Tongko dalam arahan tekhnisnya menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD adalah Forum Musyawarah antar pemangku Kepntingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang di integrasikan dengan Prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten di wilayah kecamatan. Pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah amanat undang undang yang wajib di laksanakan oleh Daerah, yang merupakan pelaksanaan dari pendekatan Buttom Up,Partisipatif, dalam proses perencanaan Pembangunan Daerah, Oleh sebab itu hal ini setiap tahun kita laksanakan.

Selanjutnya Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim,MM dalam arahannya menyampaikan bahwa tema Musrenbang RKPD tahun 2021 kita yaitu Pembangunan manusia Berkualitas dan peningkatan daya saing Daerah melalui Optimalisasi Sektor Unggulan, tentunya tema Perencanan kita ini merupakan hasil dari tindak lanjut tahun ke 5 RPJMD kita. Ada 5 Program Prioritas Utama kita dalam Perencanaan Pembangunan pada tahun 2021 :

  1. Pembangunan Manusia berkualitas dan berbudaya serta pengentasan kemiskinan.
  2. Pembangunan Infrastruktur wilayah dan Pelayanan dasar untuk mengurangi kesenjangan
  3. Peningkatan Daya saing Daerah melalui Optimalisasi sektor unggulan.
  4. Penataan Ruang, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana,
    5.Peningkatan tata kelola pemerintahan, yang inovatif, bersih dan melayani.

Bupati Banggai juga memaparkan bahwa Pengentasan kemiskinan Kab. Banggai telah optimal selama 4 tahun Periode Kami, angka kemiskinan Kab. Banggai Turun 2 digit dari 9,2 % menjadi 7,8 %, ini merupakan capaian kita semua Para Perangkat Daerah dan jajarannya. Berbagai macam penghargaan kita raih, sehingga membawa Kab. Banggai menjadi Kab. Yang disegani di kancah Nasional, kita mendapatkan kurang lebih 50 miliar Dana Insentif Daerah yang kita peroleh melalui Penghargaan penghargaan yang kita capai. Tahun ini pula dalam sistem perencanaan Pembangunan, kami membuat satu kebijakan yakni memperkuat Peran Camat melalui PIK (Pagu Indikatif Kewilayahan), kami menggelontorkan minimal anggran Kecamatan itu 2 Miliar, dan Pagu Kecamatan Yang paling besar itu adalah 4 M, yang di perhitungkan sesuai jumlah Desa Dalam Kecamatan, ini adalah bentuk Penguatan kepada Camat dalam mengintervensi Pembangunan skala peioritas dalam Wilayahnya.

Dilain Kesempatan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo manambahkan dalam arahannya yakni Frame Rencana Kerja Pemerintah Daerah harus berkesesuaian dengan RPJMD kita dan prioritas Tahunan kita, olehnya itu para pemangku kepentingan duduk bersama Hari ini melakukan Musrenbang untuk menyepakati bersama Usulan Usulan Peioritas yang berkesesuaian dengan RPJMD, dengan Adanya Sistem Akuntabilitas Kinerja seluruh Perencanaan yang kita buat di tuntut oleh sistem harus mempunyai Output yang jelas kepada masyarakat. Tidak ada lagi program kegiatan siluman yang di rencanakan dan tidak bermanfaat untuk rakyat.

Wakil Bupati Banggai juga menyentil Pemantapan Ideologi Negara, Pancasila, UUD 45, dan NKRI, kita tidak boleh Primordialisme, tidak bisa mengkotak kotakkan suku, agama dan ras antar golongan ini bukan zamannya lagi, siapa yang mampu membawa daerah ke arah lebih baik, siapa yang berkualitas dan yang di akui oleh negara, itu yang kita dukung, itulah ciri orang cerdas, cerdas secara Intelektual, cerdas secara spiritual, dan cerdas secara emosional, bukan dengan cara menghujat dan menghina Pimpinan Daerah.

Semoga Apa yang di lakukan oleh Pemerintah selalu mendapat Berkah oleh Allah SWT.

Pemda kabupaten Banggai
Globalinvestigasi news Mengabarkan (Har)