Komunitas Tangan Di Atas Berkolaborasi Dengan Yayasan Dana Sosial Alfallah Buka Puasa Bersama Dan Santunan Anak Yatim

 1 total views,  1 views today

GINEWS, Jatim, Jember – Globalinvestigasinews. Com ~ Bulan suci ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim saling melakukan kebaikan dan saling berbagi.

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Tangan Di Atas (KTDA)yang berkolaborasi dengan Yayasan Dana Sosial Alfallah (YDSF) dimana bulan suci ramadhan 1443. Hijriah ini melakukan aksi sosial yang dikemas dalam safari ramadhan untuk berbuka bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu di rumah salah satu anggota Komunitas Tangan Di Atas (KTDA) yaitu Bapak Safi’udin yang beralamat di jalan sritanjung,kaliwining,kelurahan wirolegi,” minggu (17/4/2022)

Dalam kesempatan itu, anak yatim piatu mendapatkan santunan berupa uang untuk anak yatim.dana dihimpun dari masyarakat daerah tersebut dan agenda itu dilakukan dengan rutin setiap tahunnya.

Ketua panitia Komunitas Tangan Di Atas (KTDA), Saida,”saat di wawancarai mengatakan, Komunitas Tangan Di Atas berjalan mulai tahun 2016, dan tujuanya Komunitas Tangan Di Atas untuk Sosial yang diikuti oleh donatur yang mau berpartisipasi ingin membantu anak yatim,kaum dhuafa dan warga yang sakit yang sangat membutuhkan bantuan.

Dan pertama kali kegiatan santunan anak yatim piatu dimulai tgl 30/6/ 2016,dan jumlah anak yatim piatu yang mendapatkan santunan tahun 2016 hanya sekitar 25 anak yatim.dan kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan secara safari ramadhan dari RW ke RW yang ada dilingkungan kaliwining, hingga berjalan sampai sekarang,dan kegiatan ini sudah mencapai 7 tahun,untuk santunan anak yatim piatu yang kita bagikan sekarang sudah mencapai 75 anak yatim yang mendapatkan santunan.dan untuk kegiatan yang sekarang Komunitas Tangan Di Atas (KTDA) berkolaborasi Dengan Yayasan Dana Sosial Alfallah (YDSF),”tuturnya.

Tambah,”Saida”dalam kegiatan ini di hadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,Anak Yatim beserta orang tuanya dan juga semua anggota Komunitas Tangan Di Atas (KTDA) yang mayoritas warga kaliwining,kelurahan Wirolegi,Kecamatan Sumbersari.dan kebetulan juga ada salah satu anggota Komunitas Tangan Di Atas juga seorang wartawan Media Cetak dan Tv online Globalinvestigasinews. Com atas nama Bpk Amir Mahmud yang ikut serta mendukung kegiatan ini.

Ia juga berharap,”ingin mengurangi membantu beban anak yatim,dhuafa dan warga miskin yang layak di bantu,dan mudah – mudahan dengan adanya kita berbagi yang diberikan kepada adik – adik yatim piatu bisa bermanfaat,” terangnya.

Masih tempat yang sama,” Viki, Patner Kolaborasi dari Yayasan Dana Sosial Alfallah (YDSF) yang ada di Kabupaten Jember saat diwawancarai menyampaikan,Kolaborasi YDSF dengan KTDA baru pertama kali ini dilakukan dan untuk konsuldasinya baru satu bulan,untuk mengenai acara ini ikut KTDA.

Menurut Viki,Komunitas Tangan Di Atas (KTDA) termasuk komunitas besar karena anggotanya uda menyapai 50 orang lebih.ia juga bangga sekali walaupun anggota KTDA mayoritas swadaya hasil donasinya dengan menggelar acara ini sangat luar biasa sekali.

Ia juga berharap,”ini bukan yang terakhir untuk kolaborasi Dengan YDSF tetapi ini langkah pertama dan seterusnya, untuk momen terdekat bisa di zakat fitrah,dan di harapkan qurban untuk ramadhan tahun depan.YDSF juga berkolaborasi ada 35 komunitas di 7 provinsi juga ada gerakan relawan seperti di Sulawesi, NTB dan NTT,”terangnya.

Sementara itu dari masyarakat Kaliwining yang hadir dalam acara Buka Bersama (Bukber) dan pemberian santunan kepada anak yatim dirinya mengaku sangat senang dengan adanya Komunitas Tangan Di Atas (KTDA) dan Yayasan Dana Sosial Alfallah (YDSF) yang bersahaja dan peduli dengan masyarakat disini.

Kami salut sama KTDA dan YDSF yang berkolaborasi dan peduli terhadap anak yatim dan masyarakat kecil,”ungkap warga Kaliwining,Kelurahan Wirolegi ke wartawan Globalinvestigasinews,dengan rasa haru,”tuturnya. (Yet/Amir)