MENGENAL SOSOK PEJUANG KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PADA MASA ERA PRESIDEN IR. SUKARNO

Harsono Sucipto yang lahir di Banyuwangi pada Tahun 1926 (97) adalah seorang Tentara pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejak masa penjajahan Tentara Jepang dan Belanda,Harsono Sucipto sudah berjuang mengangkat senjata untuk mengusir Penjajah dari Bumi Pertiwi.

Pada saat itu,Harsono Sucipto bergabung di pasukan Batalyon 409 yang dipimpin oleh seorang Komandan Brigjen Subroto di Banyuwangi,dan pada saat.Harsomo Sucipto masih jadi Tentara,pangkat yang beliau sandang adalah Kapten.(Kapten Harsono Sucipto).

Berdasarkan keterangan yang di dapatkan langsung dari Kapten Harsono Sucipto,pada saat dia berjuang belum ada kesatuan.yang ada hanya batalyon,dan perjuangan beliau pada saat itu bukan mengejar karir atau pangkat,akan tetapi tujuanya hanya satu yaitu melawan penjajah dan membebaskan Ibu Pertiwi yang sangat beliau cintai yaitu Negara Republik Indonesia dari cengkraman Penjajah.

Dalam bincang – bincang langsung dengan mantan Pejuang Kemerdekaan,(Kapten Harsono Sucipto) beliau bercerita bahwa dalam waktu 2 bulan ini,beliau bermimpi bertemu dengan Mantan Presiden RI (Ir Sukarno) dan dalam mimpinya beliau di beri tongkat oleh Ir Sukarno dan uang sebesar Rp 1000 (seribu rupiah) saat di tanya apa arti mimpi tersebut,beliau hanya menjawab sambil tertawa tidak tau.

Selain itu masih banyak cerita-cerita beliau yang di sampaikan kepada awak media tentang perjuangannya.

Akan tetapi,beliau (Mantan Pejuang) ini sudah tidak lagi di kenang bahkan tidak di kenal di kalangan pejabat dan publik.

Sejak Indonesia Merdeka,Kapten Harsono Sucipto hidup berpindah – pindah,dan saat ini tinggal di Kelurahan Bangko Kab Merangin Prov Jambi.

(Kah)